Trend Bahasa Pemrograman Tahun 2021 Terbaik

Trend Bahasa Pemrograman Tahun 2021 Terbaik – Hi, Sobat Tekno.

2020 sudah terlewat dan sekarang sudah memasuki tahun 2021. Namun, teknologi programming tidak akan pernah berhenti. Apakah sobat sudah tahu tren programming di tahun 2021 ini ? Atau baru ingin belajar Programming dan masih bingung harus belajar apa ?

Berikut kami rangkum dalam Trend Bahasa Pemrograman Tahun 2021 Terbaik :

JavaScript

Menurut Survey dari Stack Overflow pada tahun 2020, JavaScript merupakan bahasa pemrograman terpopuler di dunia Development selama 8 tahun berturut-turut. Tentunya waktu 8 tahun di posisi atas merupakan fakta bahwa JavaScript merupakan Jantung dari Web Development.

Javascript merupakan bahasa pemrograman untuk web development terutama pada bagian Front End. Memiliki sintaks yang fleksibel merupakan kelebihannya agar pemula cukup friendly dengan belajar bahasa pemrograman ini.

Kalau sobat ingin bermain di ranah Web Developer, bahasa pemrograman JavaScript merupakan senjata wajib bagi Sobat. Sobat bisa belajar mengenai framework dalam JavaScript seperti React, Angular, Ember, atau Vue.

Swift

Tertarik untuk berkecimpung pada teknologi Apple. Swift merupakan langkah awal yang bagus untuk memulai nih, Sobat. Pertama kali pada tahun 2014, Swift adalah bahasa pemrograman yang baru untuk dipakai dalam pengembangan aplikasi iOs dan maOS.

Sobat pasti sudah tahukan produk-produk Apple ? Swift tidak hanya berjalan di iPhone atau iPad saja, namun merupakan landasan untuk sistem operasi seperti WatchOS dan tvOS.

Baca Juga : Trend Teknologi 2021 dan Masa Depan

GO

Merupakan bahasa pemrograman yang terhitung baru, didirikan oleh Google pada tahun 2007. Nah, bahasa ini memiliki struktur yang hampir mirip dengan C dan C++ karena menggunakan dasar bahasa C dan C++ saat pembuatannya. Jika sobat tertarik pada Back End Developer dan Desktop Application, maka bahasa Go ini cocok untuk Sobat.

Python

Bahasa pemrograman yang populer saat ini. Sering dikatakan bahwa sintaksis Python jelas, intuitif, dan hampir mirip bahasa Inggris, yang, seperti Java, menjadikannya pilihan populer bagi pemula. Selain itu python memiliki library yang cukup kaya, sehingga bisa menciptakan beberapa macam model sistem. Bahasa pemrograman ini bisa berpartisi untuk Desktop Application dan Back end Developer.

Ruby

menurut Wikipedia, Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang berorientasi objek. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python. Ruby juga memiliki komunitas yang luas. Perusahaan yang sudah memakai bahasa ini juga besar seperti Twitter, Airbnb, Bloomberg, Shopify, dan banyak perusahaan rintisan lainnya. Jika sobat tertarik dengan Ruby, Ruby ini berfokus pada Backend Developer.

Baca Juga : Programmer’s Talk: Menjadi An Extraordinary Android Developer

C#

Salah satu bahasa pemrograman yang memiliki sifat Objek Orientasi yang dibangun di atas dasar C. Namun awalnya, bahasa pemrograman ini dirancang oleh Microsoft sebagai bagian dari kerangka .NET dalam pembangunan aplikasi Windows.

Jika Sobat merupakan pemula maka bahasa C# ini cocok bagi Sobat karena mudah untuk dipelajari. Nah, saat ini juga banyak pengembang yang mengembangkan teknologi AR dan VR, hal ini sangat Sobat pertimbangkan untuk belajar mengenai bahasa pemrograman C# ini. 

C# sangat cocok dalam pemrograman dalam Game Development, AR atau VR.

Apapun itu pastikan bahasa pemrograman yang sobat pilih cocok dengan apa yang ingin Sobat buat. Apakah berfokus pada sistem aplikasi, Web Development, Game Development atau Mobile Development.

Baca Juga : Rekomendasi Film Tentang Teknologi 2020

Demikian merupakan Trend Bahasa Pemrograman Tahun 2021 Terbaik, jika sobat ada pendapat lain, langsung saja tinggalkan jejak di kolom komentar, ya.

Jangan lupa bagikan video ini jika video ini bermanfaat. Ciao.

One Reply to “Trend Bahasa Pemrograman Tahun 2021 Terbaik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *