Portal Informasi Teknologi dan Coding Indonesia - TAS Official

Tips Aman Bertransaksi Digital

Tips Aman Bertransaksi Digital – Hai, Sobat Tekno.

Perkembangan teknologi di era digital ini semakin cepat dan pesat. Berbagai layanan digital pun sudah tidak lagi menjadi hal baru di kalangan masyarakat. Peningkatan layanan transaksi digital membuat masyarakat saat ini banyak yang beralih ke metode pembayaran digital.

Transaksi digital sendiri memiliki arti pembayaran yang dilakukan dengan cara non-tunai atau cashless. Saat ini media transaksi digital juga sudah banyak, seperti Mobile banking, Dana, OVO, Gopay, LinkAja, dan lain-lain. Dan untuk menggunakannya anda harus terhubung dengan internet.

Dengan transaksi secara digital, masyarakat kerap dimanjakan dengan banyaknya kemudahan dan praktis serta banyaknya promo yang ditawarkan dengan metode pembayaran tersebut. Jadi, tidak perlu lagi membawa uang cash untuk berbelanja, bahkan tidak perlu untuk datang ke toko fisik dan lebih memanfaatkan e-commerce.

Namun semudah apapun metode pembayaran tersebut, tetap saja akan terdapat celah yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan tips agar tetap aman saat bertransaksi secara digital.

Tips Aman Bertransaksi Digital

Menjaga Kerahasiaan Akun

Tips yang pertama adalah menjaga kerahasiaan akun, yang artinya jangan membagikan informasi apapun tentang akun anda kepada siapapun. Tentunya setiap aplikasi akan mewajibkan penggunanya untuk membuat username dan password yang nantinya akan dibutuhkan untuk login saat ingin bertransaksi.

Jika anda memberikan username dan password kepada orang lain, maka mereka akan dapat mengakses akun anda. Lebih buruknya lagi jika orang tersebut tidak bertanggung jawab maka akan merugikan anda, khususnya kerugian secara materi apabila dia melakukan transaksi digital tanpa sepengetahuan anda.

Jangan Memberikan Kode OTP Kepada Siapapun

Kode OTP merupakan sebuah kode yang bersifat sementara, biasanya kode ini akan diberikan ketika kita ingin masuk ke aplikasi pembayaran digital. Tak sedikit pelaku kejahatan yang memanfaatkan kode OTP ini untuk masuk ke akun anda dengan cara mengirimkan sms penipuan semacam menang undian dan anda harus mengirimkan OTP ke nomor tersebut.

Jadi jika anda mendapatkan pesan berupa kode OTP padahal anda sedang tidak mengakses aplikasi tersebut, dapat dipastikan ada yang ingin masuk ke akun anda secara diam-diam.

Hindari Menginstal Aplikasi Dari Sumber Tidak Dikenal

Tips yang selanjutnya adalah menghindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, bisa jadi aplikasi tersebut sudah dimodifikasi dan ditanamkan virus malware yang diprogram untuk mencuri data.

Saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi semacam itu, bahkan di platform resmi seperti Play Store aplikasi tersebut bisa lolos. Jadi lebih berhati-hati ketika ingin menginstal aplikasi di ponsel anda.

Mengaktifkan Notifikasi Transaksi

Tips yang satu ini berguna agar anda selalu mendapatkan notifikasi setiap ada transaksi. Jadi jika ada notifikasi transaksi padahal anda tidak sedang melakukan transaksi apapun, maka patut dicurigai, berarti ada yang sudah masuk di akun anda.

Gunakan Password Yang Kuat dan Ubah Password Secara Berkala

Menggunakan password yang kuat dengan beberapa kombinasi huruf, angka, dan beberapa karakter akan meminimalisir data anda akan dicuri. Karena mereka para pelaku kejahatan akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk masuk ke akun kita.

Anda juga dapat melakukan penggantian password secara berkala. Jadi misalnya anda menggunakan password dengan nama anda, beberapa bulan lagi anda lakukan penggantian password, misal nama ibu anda. Lakukan terus hal tersebut secara berkala untuk meminimalisir celah akun anda untuk dibobol.

Itulah beberapa tips aman bertransaksi digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *