Portal Informasi Teknologi dan Coding Indonesia - TAS Official

Pentingnya Cyber Security di Indonesia

Pentingnya cyber security di Indonesia – Hai sobat tekno! Beberapa hari yang lalu indonesia digemparkan dengan masalah kebocoran data yang menimpa kominfo. Bahkan data yang diungkapkan capai hingga bergiga giga. Wah apa saja ya data sebanyak itu?. Bjorka yang merupakan penggagas kebocoran tersebut memperjualbelikan data tersebut di dark web. Sehingga berbagai polemik bermunculan mengenai ketidakmampuan pemerintah dalam melindungi data warga Indonesia. Sampai saat ini pun pemerintah belum bisa menemukan siapa Bjorka, sampai-sampai masyarakat indonesia terbagi menjadi 2 kubu, yakni yang mendukung Bjorka dan yang Mengutuk Bjorka.

Badan Siber dan Sandi Negara membuka obrolan pada podcast deddy corbuzier mengenai tingkat kekuatan cyber security di Indonesia, kamu tahu berapa? yakni masih dibawah 5 dari 10, yang artinya keamanan siber di Indonesia sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa banyak perusahaan baik dari pemerintah maupun swasta masih sangat rentan dengan kebocoran data. Seperti apa beritanya? yuk simak

  1. 1,3 Miliar data registrasi kartu SIM bocor! (7 September 2022)
  2. 26 juta data pelanggan jaringan internet Indihome bocor! (21 Agustus 2022)
  3. 17 juta data pelanggan PLN bocor!
  4. 150 juta data KPU bocor

Dari peristiwa tersebut menunjukkan bahwa semakin kesini perlindungan data dan value data yang kita punya sudah tidak berharga lagi. Karena kementerian yang harusnya menjaga dan merawat data warga Indonesia malah kebobolan. Ibarat ada maling yang berhasil membobol bank tanpa ketahuan dan membawa semua uang/benda berharga milik nasabah yang ada. hmmm gimana menurut kamu?

Kemudian muncul pertanyaan, kenapa para hacker Indonesia tidak bersatu untuk menumpas kebocoran ini? Jawabannya bisa jadi karena para hacker Indonesia sudah acuh tak acuh. Karena pemerintah sendiri sepertinya tidak vokal untuk memberdayakan para hacker dalam negeri untuk menjadi bagian dalam keamanan siber ini. Bahkan BSSN sendiri berkata bahwa pemerintah menggandeng BSSN hanya ketika sudah kebobolan. Tidak melibatkan BSSN secara menyeluruh dari awal untuk membantu melindungi data yang ada.

Jadi gimana? apakah nanti pemerintah dalam hal ini Kominfo akan mengedepankan keamanan siber di indonesia?

Apa itu cyber security?

Cyber Security atau pengamanan siber adalah praktik untuk melindungi perangkat seperti komputer, server, sistem elektronik, data dari resiko serangan luar. Memang sebagian masyarakat belum terlalu populer, namun faktanya pekerjaan ini sangat menjanjikan, apalagi dengan beredarnya kasus kebocoran data.

Pasalnya di era digital ini, perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan eksistensi di dunia teknologi dan internet, sangat rawan untuk mendapatkan serangan siber dari oknum tak bertanggung jawab.

Apa saja kejahatan-kejahatan siber yang eksis hingga saat ini? Contoh saja Denial of Service (DoS), Virus malware, scareware dan lain sebagainya. Dengan adanya serangan ini akan mengakibatkan gangguan yang cukup fatal, apalagi dengan perusahaan yang sudah besar, dimana tanggung jawab mengenai data-data perusahaan yang secara mati matian kita lindungi, ternyata masih bisa ditembus oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. Dari kehilangan data, reputasi yang anjlok, serta kerugian materil dan immateril yang tidak tanggung tanggung.

Ada beberapa peluang kerja seperti cyber security consultant, security engineer, security architect, chief information security officer, security analyst, computer forensic specialist dan lain sebagainya. Masing-masing profesi memiliki tanggung jawab yang berbeda beda.

Tanggung jawab dan peran cyber security

  • menemukan cara yang paling efektif untuk melindungi data dan sistem, sekaligus melakukan pengujian terhadap analisis resiko yang kemungkinan terjadi.
  • membangun dan memelihara sistem keamanan siber perusahaan. Bisa dengan memasangkan firewall, testing sistem keamanan, menguji keamanan jaringan hingga mengembangkan sistem otomasi log yang dapat melacak sebuah insiden.
  • Riset mengenai pengembangan arsitektur keamanan perusahaan, kemudian mengawasi implementasi keamanan jaringan perusahaan
  • Mengedukasi sekaligus mencegah timbulnya insiden yang serupa
  • Mampu menganalisis bukti bukti dari serangan siber, mulai dari perangkat data, jaringan maupun komputer
  • memeriksa keefektifan keamanan siber di perusahaan, dan memberikan solusi untuk meningkatkan sistem yang lebih aman dari potensi serangan siber.

Demikian lah artikel mengenai pentingnya Cyber Security dan prospek pekerjaan Cyber Security di Indonesia.

Baca juga artikel kami mengenai 4 website untuk mendapatkan dataset gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.