Portal Informasi Teknologi dan Coding Indonesia - TAS Official

Mengenal VPS Beserta Cara Kerjanya

Mengenal VPS Beserta Cara Kerjanya – Hai, Sobat Tekno.

VPS atau Virtual Privat Server adalah server virtual yang berfungsi untuk menyimpan data dan file pada website. VPS juga merupakan salah satu dari jenis hosting. 

Hosting sendiri merupakan sebuah layanan online yang digunakan untuk mengelola data situs atau aplikasi web oleh pengguna dan ditampilkan melalui via internet. File website yang tersimpan di dalam hosting berupa gambar, script, video, email, aplikasi, dan database (basis data).

Selain VPS, terdapat juga jenis-jenis hosting lainnya. Jenis-jenis hosting sendiri digolongkan berdasarkan biaya dan klien.

Untuk jenis hosting yang berdasarkan dari biaya terdiri dari free hosting, trial hosting, dan paid hosting. Sedangkan jenis hosting yang disesuaikan dengan klien meliputi shared hosting, Virtual Privat Server (VPS), dedicated server, dan cloud hosting.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang pengenalan VPS beserta cara kerjanya. Untuk selengkapnya simak artikel ini sampai akhir.

VPS (Virtual Private Server)

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tulisan, VPS adalah server virtual yang berfungsi untuk menyimpan data dan file pada website. VPS juga merupakan salah satu dari jenis hosting. 

VPS ini disebut virtual karena tidak berbentuk secara fisik. Untuk server fisiknya nanti dapat dibagi menjadi beberapa resource yang berbeda. Agar dalam server fisik mampu menampung banyak VPS, pembagian resource dilakukan menggunakan aplikasi.

Cara Kerja VPS

VPS beroperasi pada sebuah server di dalam server. Dengan hanya menggunakan satu server fisik dapat menampung beberapa virtual server yang saling terisolasi satu sama lain. Pembagian ini dilakukan dengan software bernama hypervisor.

Setiap satu virtual server mengoperasikan sistem operasi miliknya sendiri. Hal tersebut membuat masing-masing virtual server seolah-olah menjadi satu buah server sendiri.

Satu VPS dapat di-reboot secara mandiri. Jadi tidak akan mempengaruhi virtual server lainnya. Dua jenis VPS yang dapat digunakan sebagai host website, yakni Linux dan Windows.

Perbandingan Server VPS dengan Lainnya

Berikut perbandingan server VPS dengan lainnya yang dilansir dari laman idcloudhost :

Cloud Hosting

Server ini memungkinkan banyak pengguna berada pada satu server, sehingga akan ada dimana pengguna menggunakan resource secara bergantian.

VPS Tradisional

Server VPS ini memungkinkan digunakan oleh satu pengguna saja, sehingga resource dan kapasitas penggunaan sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Private Server

Layanan Private Server merupakan layanan VPS Hosting dengan sistem Manage yang tersedia versi SSD untuk kebutuhan Server VPS yang langsung dikontrol oleh tim IDCloudHost.

Dedicated Server

Server ini digunakan oleh banyak perusahaan besar dan startup untuk kebutuhan resource dan keamanan yang lebih besar untuk website dan aplikasi Tertentu dengan Data Center Indonesia.

VPS SAS

Server ini layaknya teknologi Dedicated Server dengan perpaduan SSD dan HDD yang sangat cocok untuk trafik tinggi dengan harga yang terjangkau.

VPS Pro

Server ini merupakan infrastruktur terbaik saat ini, mengusung teknologi HPE Nimble Storage Adaptive Flash Arrays akan membuat layanan Anda 100x lebih cepat dibandingkan vps lainnya.

Tips Memilih VPS

Ketika ingin memilih VPS kamu harus banyak mencari tahu dan menyurvei berbagai layanan VPS yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia layanan.

Menentukan situs web seperti apa yang ingin dibuat. Apakah situs web untuk profil perusahaan, online shop, e-commerce atau lainnya. Hal tersebut harus ditentukan terlebih dahulu, karena VPS yang digunakan untuk situs profil perusahaan berbeda dengan online shop atau e-commerce.

Itulah sedikit pengenalan VPS beserta cara kerjanya.

One Reply to “Mengenal VPS Beserta Cara Kerjanya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *