Portal Informasi Teknologi dan Coding Indonesia - TAS Official

Mengenal Big Data Beserta Manfaatnya

Mengenal Big Data Beserta Manfaatnya – Hai, Sobat Tekno.

Seiring berkembangnya teknologi, maka penggunaan data akan semakin meningkat juga. Pada mulanya, data tidak memiliki nilai ekonomi, namun seiring berjalannya waktu, kini justru data banyak dijual secara ilegal oleh oknum tidak bertanggung jawab. Lebih parahnya lagi ada juga oknum yang membeli data secara ilegal tersebut.

Belakangan ini pun mencuat istilah Big Data yang disampaikan oleh satu pejabat penting negeri ini. Beliau menyatakan bahwa ada 110 juta data percakapan media sosial yang mendukung penundaan pemilu 2024.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan Big Data itu sendiri? Mungkin konsep big data sendiri belum banyak dipahami, namun manfaatnya sudah banyak terasa bagi pengguna internet yang setiap saat mengakses informasi secara online. Untuk itu, mari simak penjelasan tentang big data beserta manfaatnya.

Apa Itu Big Data?

Mengutip dari laman sas.com “Big data adalah istilah yang menggambarkan volume besar data baik terstruktur maupun tidak terstruktur yang membanjiri bisnis sehari-hari. Namun data yang penting bukan dilihat dari jumlahnya, melainkan apa yang dilakukan organisasi dengan data itulah yang penting. Big data dapat dianalisis demi pemahaman yang mengarah kepada keputusan dan gerakan bisnis strategis yang lebih baik.”

Oleh karena itu, penting untuk mampu mengelola big data dengan baik. Jadi, dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktifitas Anda sebagai pribadi, apalagi untuk bisnis. Pada kenyataannya, peran big data bagi bisnis memang cukup besar. Misalnya bagi pengguna website, adanya big data dapat membantu mengumpulkan data traffic website.

Karakteristik Big Data

Data bisa disebut sebagai Big Data harus memiliki karakteristik sebagai berikut

Volume

Seperti namanya ‘Big Data’, tentunya karakteristik utamanya adalah jumlah data yang sangat besar, bisa secara keseluruhan atau berdasarkan platform yang mengelolanya.

Velocity

Dengan pertumbuhan Internet of Things, data mengalir ke bisnis dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan harus ditangani tepat waktu. Tag RFID, sensor, dan smart meter mendorong kebutuhan untuk menangani torrent data ini dalam waktu yang hampir bersamaan.

Variety

Big Data juga harus bervariasi jenis datanya. Bisa dibayangkan kalau data tersebut berasal dari berbagai platform dan bisnis yang berbeda, tentu bentuk formatnya berbeda-beda, seperti dokumen presentasi, tabel, dan lainnya. 

Bahkan, ada data yang langsung bisa dibaca dan digunakan dan ada juga data abstrak yang perlu dianalisis dahulu sehingga bisa dikelompokkan menjadi:

  • Structured data – Bisa digunakan langsung
  • Semi-structured data – Perlu diolah sebelum digunakan
  • Unstructured – Perlu dianalisis, diolah, dan baru bisa digunakan

Apapun itu, variasi data yang banyak menjadi karakteristik dari sebuah big data.

Veracity

Veracity mengacu pada kualitas data. Karena data berasal dari begitu banyak sumber berbeda, sulit untuk menautkan, mencocokkan, membersihkan, dan mengubah data di seluruh sistem. Bisnis perlu menghubungkan dan mengorelasikan hubungan, hierarki, dan berbagai hubungan data. Jika tidak, data mereka dapat dengan cepat lepas kendali.

Value

Big data memiliki value untuk memudahkan pengguna mengakses informasi dengan cepat dan mengambil keputusan berdasarkan berbagai data yang ada.

Apa Pentingnya Big Data?

Pentingnya big data bukan tentang seberapa banyak data yang Anda miliki, tetapi apa yang Anda lakukan dengan data tersebut. Anda dapat mengambil data dari sumber apa pun dan menganalisisnya untuk menemukan jawaban yang memungkinkan pengurangan biaya, pengurangan waktu, pengembangan produk baru dan penawaran yang dioptimalkan, serta pengambilan keputusan yang cerdas. 

Manfaat Dari Big Data

Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Bisnis

Efektifitas yang dimaksud adalah mengurangi waktu produksi namun dengan tetap mempertahankan kualitas hasil yang maksimal. Misal ketika ingin menonton film sebelum adanya streaming film, yang mengharuskan anda untuk mendownload terlebih dahulu film tersebut, kemudian baru anda dapat menontonnya. Apakah itu efektif? tentu tidak.

Namun saat ini dengan adanya layanan streaming film, anda tidak perlu repot-repot untuk mendownload film terlebih dahulu, melainkan anda dapat menontonnya secara langsung dengan koneksi internet yang stabil dan lebih efektif.

Sedangkan efisiensi yang dimaksud adalah meningkatnya produksi dengan kualitas yang optimal namun dalam sekali kerja.

Pengembangan Produk

Informasi yang dihasilkan oleh Big Data di internet dapat digunakan untuk menyesuaikan produk sesuai permintaan pasar, yang artinya akan menguntungkan dalam bisnis. 

Ketika terjadi lonjakan awal terhadap suatu hal, pelaku bisnis bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengembangkan produk yang disesuaikan dengan minat pasar. Sehingga, pelaku bisnis bisa merasakan manfaat dari “hype” konsumen akan sesuatu.

Mengoptimalisasi Biaya

Dengan adanya Big Data, pelaku bisnis dapat mengoptimalisasi biaya yang dikeluarkan. Karena big data dapat menampung berbagai bentuk data dari berbagai sumber. Jadi, pelaku bisnis dapat menemukan target pasar baru dengan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *