Portal Informasi Teknologi dan Coding Indonesia - TAS Official

Mengenal Apa Itu Computer Vision Serta Kegunaannya

Mengenal Apa Itu Computer Vision Serta Kegunaannya – Hai, Sobat Tekno.

Beberapa orang mungkin sudah memahami bahwa teknologi computer vision dapat digunakan untuk banyak sekali hal yang berhubungan dengan gambar atau image.

Namun kebanyakan orang hanya tahu komputer saja, tapi kurang paham apa yang dimaksud dengan computer vision. Seiring perkembangan teknologi komputer seperti sekarang ini, tentunya komputer akan terus dikembangkan menjadi lebih canggih.

Jika manusia diberikan akal untuk mengenali sebuah objek, maka salah satu bidang teknologi yang memungkinkan sebuah komputer bisa melihat objek di sekitarnya adalah computer vision. Karena computer vision dapat dilatih untuk melakukan suatu hal serupa yang dilakukan oleh manusia seperti melihat objek di sekelilingnya.

Apa itu Computer Vision?

Mengutip dari laman Calonpengangguran.com Computer Vision merupakan sebuah teknologi yang memudahkan dalam melakukan proses pembacaan data sebuah objek. Objek tersebut nantinya akan memberikan dan menampilkan perintah maupun fungsi tertentu dalam menjalankan aktivitas sesuai dari data objek tersebut.

Dengan adanya teknologi computer vision dalam aspek kehidupan dapat mempercepat mobilitas. Misalnya untuk melakukan transaksi dan memuat informasi data dari objek dengan lebih minimalis.

Penerapan Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu contoh teknologi computer vision yang sedang populer saat ini. AI dapat merespon berbagai data sehingga menjalankan perintah sesuai dengan objek atau suatu citra yang dianalisa.

Secara khusus, computer vision memiliki kemampuan untuk mengkategorikan, membenarkan, mendeteksi, dan mengidentifikasi sebuah objek. Tak hanya itu, banyak pemanfaatan serta penggunaan dari teknologi ini dalam berbagai aspek dalam sektor bisnis.

Fungsi Computer Vision

Computer vision dapat diterapkan di berbagai bidang lainnya, seperti:

Keuangan

Tanpa disadari, saat ini sudah banyak yang menggunakan dompet digital serta layanan berbasis barcode untuk melakukan transaksi keuangan. Dimana sebelumnya orang-orang mengandalkan uang cash untuk melakukan segala transaksi.

Namun saat ini, kita dimudahkan untuk membayar belanjaan ataupun makanan saat makan di restoran, dengan hanya melakukan scan barcode melalui ponsel yang telah terintegrasi dengan dompet digital. Jadi Anda tak perlu lagi harus menarik uang melalui ATM ataupun membawa uang cash kemana-mana.

Selain itu, computer vision juga sudah banyak diterapkan untuk layanan parkir. Jadi tak jarang kita langsung dihadapkan oleh mesin parkir otomatis saat hendak parkir, dan kita hanya harus menempelkan kartu parkir atau sejenisnya untuk membuka palang parkir.

Game dan Aplikasi

Ternyata dalam game dan berbagai macam aplikasi sudah menerapkan teknologi computer vision, salah satunya teknologi AI. Misalnya ketika kamu bermain salah satu game online, pasti ada sebuah fitur untuk melatih skill bermain game. Dalam fitur tersebut kamu tidak akan dipertemukan dengan lawan sesama player melainkan AI atau bot.

Sistem computer vision dalam game membuat adanya respon otomatis ketika kita bergerak, menyerang, dan sebagainya. 

Medis

Computer vision juga sudah sering kita jumpai dalam sektor medis. Computer vision dapat mengidentifikasi tanda kehamilan, penggunaan narkoba, USG, tes DNA, kesesuaian sidik jari, dan masih banyak lagi. Sehingga menjadikan teknologi ini benar-benar membantu dalam bidang medis secara akurat.

Pentingnya teknologi computer Vision dalam segala aspek kehidupan termasuk medis memberikan kemajuan dalam hal kesehatan serta mengidentifikasi hal-hal baru yang tidak diketahui sebelumnya.

Keamanan

Salah satu bidang yang cukup penting adalah bidang keamanan. Jika diperhatikan lagi, cara kerja CCTV modern tidak hanya merekam dan menampilkan situasi sekitar, melainkan dapat mendeteksi suara atau gerakan yang aneh sehingga akan memberikan alarm atau tanda tertentu.

Hal ini sangat membantu untuk mengetahui hal-hal yang mencurigakan serta memberikan keamanan dan penjagaan di rumah, perusahaan, atau tempat-tempat penting lainnya.

Sektor Industri

Dalam sektor industri, computer vision banyak dipakai untuk mengecek quality control atau menyortir produk, apakah produk tersebut layak atau tidak untuk di distribusikan.

Dengan bantuan teknologi ini tentu saja kinerja perusahaan akan menjadi lebih cepat serta akurat karena dibantu oleh program komputer yang akan memberikan hasil identifikasi dari setiap objek yang dilihatnya.

Itulah sedikit pembahasan tentang mengenal apa itu computer vision serta kegunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *