Portal Informasi Teknologi dan Coding Indonesia - TAS Official

Kenapa Javascript Hal Wajib bagi Developer?

Kenapa Javascript Hal Wajib bagi Developer? – Hai Sobat Tekno! Bagi kamu seorang developer, pastinya tidak asing dong dengan bahasa pemrograman yang bernama javascript?. Begitu banyaknya hal yang bisa kamu buat dengan bahasa ini seperti membuat website, aplikasi desktop, aplikasi mobile sampai pembuatan game.

Dipakai Perusahaan Top Global

Umumnya, penggunaan JavaScript ini banyak digunakan untuk membuat website agar lebih interaktif. Kelebihan ini, dimanfaatkan oleh banyak perusahaan papan atas seperti Facebook, Google, Linkedin dan lain lain untuk mempercantik website nya.

Yuk, kita kenalan dulu dengan Javascript.

Apa itu Javascript?

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Brandan Eich. Bahasa ini di launching pada tahun 1995.

Jika kamu membuat website menggunakan HTML dan CSS, kamu perlu penggunaan Javascript untuk meningkatkan fungsionalitas website. Hal ini diibaratkan seperti nyawa nya, sehingga website kamu akan lebih hidup dan berfungsi dengan semestinya.

Fungsi Javascript

Nah, sekarang kita list yuk, apa saja fungsi dari Javascript untuk membantu kamu bekerja di dunia pemrograman.

1. Website Menarik dan Interaktif

Salah satu keunggulan Javascript untuk membuat website yang menarik adalah karena user experience yang diberikan. Tak cukup menggunakan HTML dan CSS, kamu perlu memasukkan Javascript untuk membuat visualisasi seperti animasi, sehingga user mendapatkan pengalaman yang menyenangkan ketika mengunjungi website kamu

2. Efisiensi Web Developer

Framework Frontend yang merupakan turunan dari seperti Node JS, React JS maupun Vue JS sangat berguna untuk efisiensi pembuatan website, dengan menggunakan Framework tersebut, kamu hanya perlu memanggil nya dan tidak perlu menulis kode dari nol.

Dalam implementasinya, developer dapat memanggil komponen sebelumnya, sehingga kamu tidak perlu membuat tampilan UI dari awal. Dari segi Backend seperti Node JS, memiliki kelebihan yang dapat mengurangi respon time pada server,karena mempunyai sifat single thread dan memiliki arsitektur yang bersifat non blocking.

3. Web Server

Jika kamu ingin membangun web server atau membangun backend sebuah website atau mobile apps, kamu bisa memanfaatkan Javascript. Contohnya adalah Node JS, dimana Node JS ini merupakan salah satu Framework yang banyak digunakan perusahaan Top Global seperti Linkedin, Netflix, Paypal bahkan sekelas NASA.

Web Server sangat bergantung dengan infrastuktur Backend. Sehingga ketika Backend kita sudah Efisien, maka akan menghemat waktu dalam impllementasinya.

4. Game Berbasis Web

Kamu tahu Flappy Bird? Flappy Bird merupakan game browser yang dikembangkan menggunakan HTML dan Javascript. Penggunaan nya menggunakan Playground JS Quintus, dan lain lain.

5. Aplikasi Desktop

Proton Native merupakan Framework dasar yang dipakai untuk mengembangkan Aplikasi Desktop. Dengan Framework ini kamu bisa membuat berbagai macam kode di Sistem Operasi yang berbeda.

6. Aplikasi Mobile

Selain bisa untuk pengembangan aplikasi Desktop, Bahasa ini juga kuat dalam pengembangan aplikasi mobile. Eksekusinya developer cukup membuat satu kode saja untuk membuild aplikasi ke Android maupun IOS.

Yang biasa digunakan adalah React Native, Cordova dan Titanium. Dibandingkan dengan Kotlin dan Swift yang hanya digunakan untuk mengembangkan salah satu sistem operasi seperti android dan IOS saja, React bisa diaplikasikan untuk keduanya dengan sekali tulis.

Baca juga artikel kami mengenai Pengertian Lengkap Programming Language dan Contohnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.