Apa Yang Akan Terjadi Jika Tokopedia dan Gojek Merger?

Mengawali 2021 ini, kabar merger Tokopedia dan Gojek menjadi perbincangan hangat berbagai pihak. Sebenarnya, kabar merger antara dua unicorn ini telah muncul sejak 2018 lalu. Kabar merger ini menguap begitu saja, seiring dengan kabar merger Grab dan Gojek yang muncul ke permukaan. Sayangnya, merger Grab dan Gojek tidak berjalan lancar dan sudah dipastikan gagal. Semenjak itulah kabar merger Tokopedia dan Gojek kencang berhembus. Tentunya, merger Gojek dan Tokopedia akan membawa dampak yang besar, mengingat keduanya merupakan start-up raksasa ekonomi digital. Nah, kira-kira apa yang akan terjadi jika Tokopedia dan Gojek beneran merger ya?

Membuat UMKM Lokal Makin Menggeliat

Gojek Tokopedia Merger
Apa Yang Akan Terjadi Jika Tokopedia dan Gojek Merger?
( Sumber : Dokumen Pribadi)

Salah satu senior ekonom Institute for Development of Economics and Finance-Indef, Aviliani menyebut bahwa merger kedua unicorn ini dapat berdampak bagi perekonomian nasional, apabila penjualan lokal berjalan optimal. Gojek memiliki ekosistem ride hailing yang sangat besar. Sementara itu Tokopedia merupakan platform e-commerce yang yang cukup menguasai pasar Indonesia. Merger antara keduanya akan saling mengisi layanan satu sama lain.

Merger antara Tokopedia dengan Gojek maka kekuatan ekspansi makin tinggi. Seperti yang kita tahu, gojek memiliki jaringan yang besar bahkan menjalar sampai ke regional Asia Tenggara. Dengan demikian, bukan tidak mungkin merger keduanya akan dapat membawa barang dari Indonesia merambah pasar luar negeri terutama untuk regional Asia Tenggara. Hal ini merupakan iklim yang bagus untuk membangunkan kembali UMKM lokal yang sedang tertidur.

Tak hanya dari segi perputaran, merger keduanya juga akan memicu perkembangan UMKM Lokal. Gojek segera menjadi salah satu pemilik bank dengan keunggulan digital yaitu Bank Jago (jangan nyanyi, pls). Dengan status kepemilikan tersebut, mitra Tokopedia bisa dengan mudah mendapat pinjaman dari bank tersebut. Hal ini akan mempermudah pembiayaan Tokopedia

Mengoptimalkan Go Digital

Tokopedia Merger
Sumber : Dokumen Pribadi

Selama pandemi Covid-19, banyak UMKM melakukan digitalisasi dalam proses bisnisnya. Merger antara Gojek dan Tokopedia akan mendukung jalannya go digital. Dorongan berbasis digital pada platform akan mampu membawa UMKM bahkan sampai ke level selanjutnya. Selain itu, peluang meningkatnya transaksi hingga ratusan persen akan semakin terbuka lebar melalui merger ini. Infrastruktur logistik yang dimiliki Gojek akan memudahkan proses pengiriman barang dari mitra Tokopedia menjadi lebih cepat. Hal ini akan mendukung proses pengembangan bisnis dan meningkatkan kenyamanan konsumen.

Baca Juga :MEMBUAT BOT WHATSAPP DENGAN PYTHON DAN CHAT-API

Sayangnya, hingga artikel ini rilis, baik Gojek maupun Tokopedia masih engga memberikan komentarnya. Jadi, kita tunggu saja kabar baiknya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *