Alasan Kenapa Kamu Harus Mematikan Smartphone Di Pesawat

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang cukup populer. Selain waktu mobilisasi yang lebih cepat, pesawat juga memiliki tingkat kecelakaan yang lebih kecil dari moda transportasi darat. Namun, moda transportasi ini juga memiliki aturan dan larangan yang ketat. Aturan ini diberlakukan untuk memastikan keamanan, keselamatan serta kenyamanan para penumpang dan kru yang bertugas. Salah satu aturan ‘spesial‘ saat menaiki pesawat adalah larangan menggunakan smartphone dan perangkat lain, seperti laptop saat berada dalam pesawat. Untuk kamu yang penasaran, TASOfficial telah merangkum alasan kenapa kamu harus mematikan smartphone di pesawat. Check This Out!

Smartphone akan berusaha mencari sinyal dari tower yang berjarak 50mil dari perangkat. Ponsel yang menyala dapat memantulkan sinyal dari beberapa menara operator seluler yang pesawat lintasi, sehingga mampu mengirimkan sinyal yang jauh lebih kuat. Hal ini merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi keselamatan awak dan para penumpang pesawat.

Matikan HP Saat Di Pesawat
Sumber : KKday Blog

Tak hanya itu, peneliti menemukan fakta bahwa emisi elektromagnetik dari perangkat elektronik pribadi seperi smarphone dan laptop dapat mengganggu sistem pesawat. Secara khusus, yang berada di kisaran 800-900 MHz dapat mengganggu instrumentasi kokpit tanpa pelindung. Salah satu sinyal yang terkenal sangat mengganggu sistem elektronik lainnya adalah GSM (2G). Kamu pernah kan mengalami dengungan pada stereo atau speakerphone saat kamu melakukan panggilan telepon di dekat perangkat lainnya? Nah gangguan ini akan mudah ditangkap oleh sistem navigasi pesawat yang sensitif.

Selain itu, penggunaan telefon juga dapat menimbulkan suara bising berupa buzzting. Pilot dapat mendengar bunyi buzzing yang kurang lebih terdengar seperti, “bzzzzztt…..bzzztt……..bzzzzzttt” dalam headphonesnya. Bunyi tersebut dapat mengganggu komunikasi pilot dengan air traffic control, di mana jika komunikasi dengan pengatur lalu lintas di udara tidak terlaksana dengan baik, akibatnya bisa fatal.

Aturan Yang Terus Berubah

Sampai saat ini, aturan mengenai kewajiban mematikan smartphone terus berkembang. Hal ini seiring dengan teknologi dalam pesawat yang makin berkembang pula. Federal Aviation Authority (FAA) menyatakan bahwa pengaktifan mode pesawat pada gadget selama penerbangan sudah cukup aman. Beberapa tahun lalu, organisasi tersebut menyatakan bahwa penumpang kini tidak perlu lagi mematikan smartphone, tablet, dalam penerbangan, asal mengaktifkan mode pesawat selama take off dan landing.

Meskipun demikian, kamu harus tetap mengecek kembali peraturan penerbangan yang berbeda pada setiap negara. Bayangkan saat di pesawat, kamu diteriaki “Switch Off Your Cell Phone!” oleh flight attendant. Malu sekali kan?

Baca Juga : PROGRAMMER’S TALK: MENJADI AN EXTRAORDINARY ANDROID DEVELOPER

Nah, itulah Alasan Kenapa Kamu Harus Mematikan Smartphone Di Pesawat. Tetap patuhi aturan yang berlaku ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *