4 Website Untuk Mendapatkan Dataset Gratis

Sebelum mengembangkan program kecerdasan buatan, dataset adalah hal yang harus kamu siapkan. Dataset berisikan informasi yang akan kamu ekstraksi sebagai pengetahun bagi komputer. Pengetahuan inilah yang menjadi dasar penentuan keputusan dalam kondisi tertentu. Tahukan kamu, kamu dapat mendapatkan dataset ini secara gratis tanpa harus susah-susah mengumpulkannya? Bagi pejuang skripsi, menggunakan dataset gratis akan mempercepat proses penelitian sekaligus mengurangi biaya selama pengumpulan data. Berikut ini 4 Website Untuk Mendapatkan Dataset Gratis. Check This Out !

UCI Machine Learning Repository

Salah satu respositori dataset untuk machine learning terbaik adalah UCI Machine Learning Repository. UCI Machine Learning Repository adalah repositori yang dikembangkan oleh University of California Irvine. Website ini merupakan website pertama yang harus kamu check saat mencari dataset. UCI Machine Learning Repository memiliki kurang lebih 440 dataset yang bisa kamu akses secara gratis, lengkap dengan label seperti domain dan operasi yang bisa kamu lakukan (regresi/klasifikasi). Lebih lanjut, beberapa dataset yang dapat kamu temukan adalah iris, wine, dan forest fires.

Kaggle

Selanjutnya, kamu bisa mengambil dataset dari Kaggle. Kaggle lebih spesifik pada topik data science dan data analytic. Selain mendapatkan dataset, kamu juga bisa menambahkan dataset milik kamu di website ini. Jumlah dataset yang tersedia pada Kaggle mencapai 350, dengan 250-an data yang sudah terlabel dengan baik. Kamu bisa mendapatkan dataset yang unik dan tidak bisa kamu temui pada website lain. Jika mengalami kesulitan, kamu bisa melempar pertanyaan pada komunitas. Tak hanya itu, kaggle juga beberapa kali menyediakan perlombaan yang berhadiah menarik bagi pemenangnya.

Data.Gov

Ketiga, kamu bisa mengunjungi Data.Gov untuk mencari dataset. Data.gov berisikan banyak dataset dari pemerintahan US, mulai dari iklim, keuangan, pendidikan, energi, dan banyak data lain. Website ini menyediakan lebih dari 190.000 data yang bisa kamu gunakan gratis. Data-data ini terdokumentasi dengan baik, sehingga kamu mencari data dengan mudah, bahkan tanpa mendaftar sebelumnya. Beberapa dataset yang tersedia pada data.gov adalah Food Environment Atlas, School system finances , dan Chronic disease data

The MNIST Database

Nah, jika kamu tertarik dengan image classification, the MNIST Database adalah dataset yang wajib kamu kunjungi. The MNIST database berisi angka 0 sampai 9 yang ditulis oleh tangan. Kamu dapat dengan mudah menemukan 60.000 train images dan 10.000 test images melalui dataset ini. Tiap data berisikan image berukuran 28×28 pixel. The MNIST database biasanya digunakan sebagai project pertama dalam image recognition.

Baca Juga : MEMBUAT KLASIFIKASI BUNGA IRIS DENGAN PYTHON (1)

Nah, itulah 4 Website Untuk Mendapatkan Dataset Gratis. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *